Pendidikan Kewirausahaan

Waralaba dalam Pendidikan Kewirausahaan

Zaman sekarang, untuk dapat mendirikan sebuah usaha sangatlah mudah, terlebih untuk kita yang mempunyai banyak uang. Kita bisa menyuruh orang lain untuk berwirausaha menggunakan modal kita dengan sistem bagi keuntungan. Kita juga bisa menanam modal atau berinvestasi pada usaha yang sudah berjalan, atau dengan cara yang paling diminati akhir-akhir ini yaitu dengan berwaralaba.

Waralaba adalah salah satu cara yang dapat mempermudah kita untuk mendirikan suatu usaha atau bidang bisnis tertentu tanpa perlu waktu lama. Kita hanya perlu melakukan sebuah perjanjian ataupun sebuah persetujuan tertentu yang ditetapkan oleh perusahaan pemberi waralaba sesuai dengan usaha yang kita minati, tentu saja dengan sistem ini kita tidak perlu memulai usaha dari nol alias instan.

Pengertian waralaba sendiri adalah suatu persetujuan antara sebuah perusahaan induk untuk memberikan suatu sistem atau trade mark yang dimilikinya kepada orang lain atau perusahaan yang lebih kecil untuk dapat menjalankan suatu usaha tertentu dengan syarat dan ketentuan tertentu yang telah ditetapkan. Dalam waralaba, sebuah perusahaan induk yang biasa disebut dengan franchisor, memberikan resep, sistem atau bahkan menyalurkan tenaga kerja mereka kepada orang atau perusahaan yang lebih kecil atau biasa disebut franchisee untuk mendukung agar usaha tersebut dapat berjalan lancar. Semua ketentuan tersebut tergantung perusahaan induk yang memberi franchise.

Semakin terkenal sebuah perusahaan yang mengeluarkan franchise, semakin besar pula biaya untuk membeli sistem franchise dari perusahan tersebut. Misalnya salah satu perusahaan yang paling terkenal hampir di seluruh dunia sebagai perusahaan waralaba terbesar yaitu usaha penjualan ayam goreng KFC, karena semakin terkenalnya KFC, kita yang ingin berwaralaba dengan KFC harus mengeluarkan budget yang tidak sedikit, ini berbeda dengan perusahaan penyedia waralaba yang belum terlalu terkenal seperti ES 86, INDOMARET, ALFAMART, dan SOUMAY, yang tentu saja menjual waralabanya lebih murah dari pada KFC.

Memang, dengan berwaralaba banyak kemudahan yang ditawarkan. Kita tidak perlu memulai usaha dari nol, segala risiko sudah terminimalisir dari risiko kegagalan pendirian sebuah usaha, dan yang terpenting adalah semua orang bisa menjadi wirausahawan sukses tanpa perlu waktu lama.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x